Wednesday, 4 November 2015

Waspada Gejala Kanker Payudara Diawali Dari Sakit Pada Gusi


Informasi penting bagi wanita yang sering mengalami kondisi ini. Waspada Gejala Kanker Payudara Diawali Dari Sakit Pada Gusi. Tujuan menyikat gigi secara rutin memang untuk menjaga kesehatan gigi dari bakteri dan kuman, selain itu juga membuat napas segar, dan mencegah penyakit gigi dan gusi. Sebuah studi baru mengungkapkan, menjaga gigi tetap sehat dan bersih bisa menyelamatkan nyawa mereka dari kanker payudara. Simak lebih lanjut informasinya tentang studi yang dimaksud.

Meski belum diketahui penyebab spesifiknya, para ilmuwan menemukan bahwa wanita dengan penyakit gusi 14 persen berisiko kembangkan penyakit kanker payudara. Peneliti dari University of Buffalo menunjukkan ini mungkin terjadi karena bakteri gusi dapat memasuki aliran darah dan menyebar ke payudara.

Penyakit periodontal atau penyakit gusi adalah kondisi umum yang diketahui terkait dengan penyakit jantung, stroke dan diabetes. Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara penyakit gusi dan kanker mulut, esofagus, kepala, leher, pancreas, serta paru-paru.

Namun, dalam studi baru ini, kondisi peradangan kronis di gusi bisa dikaitkan dengan tingkat kejadian kanker payudara pada wanita pascamenopause. Hasil ini didapat setelah memonitor 73.737 wanita pascamenopause yang terdaftar di Women’s Health Initiative Observational Study.

Studi sebelumnya menemukan bahwa efek dari penyakit periodontal bervariasi tergantung pada apakah seseorang merokok, sehingga para ilmuwan juga melihat status merokok peserta. Para peneliti menindaklanjuti peserta studi setelah jangka waktu rata-rata 6,7 tahun.

Pada saat itu, 2.124 wanita telah didiagnosis dengan kanker payudara. Para ilmuwan menemukan bahwa di antara semua wanita, risiko kanker payudara 14 persen lebih tinggi pada wanita dengan penyakit periodontal.

Perempuan yang telah berhenti merokok dalam 20 tahun terakhir, orang-orang dengan penyakit gusi ditemukan memiliki risiko terkena kanker payudara 36 persen lebih tinggi. Para wanita yang merokok pada saat penelitian memiliki risiko 32 persen lebih tinggi jika mereka memiliki penyakit periodontal.

Wanita yang tidak pernah merokok atau telah berhenti lebih dari 20 tahun yang lalu berisiko enam dan delapan persen lebih tinggi jika mereka memiliki penyakit periodontal.

"Kami tahu bahwa bakteri dalam mulut perokok dan mantan perokok yang baru berhenti berbeda dengan yang ada di mulut non-perokok,” kata penulis utama studi Dr Jo Freudenheim, seorang profesor departemen epidemiologi dan kesehatan lingkungan di universitas nya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa bakteri dari penyakit periodontal dapat masuk ke sirkulasi darah di tubuh dan akhirnya mempengaruhi jaringan payudara. Namun, penelitian mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membangun hubungan sebab akibat.

Demikian studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, seperti dilansir dari Dailymail, Kamis (24/12/2015).

Kesehatan adalah hal utama untuk kita, aset terpenting adalah kesehatan. Ketika kita sehat, maka segala aktivitas pun bisa dijalani dengan lancar. Bahkan tidak ada artinya memiliki harta melimpah bila kita tidak sehat. Inilah informasi tentang “Waspada Gejala Kanker Payudara Diawali Dari Sakit Pada Gusi” yang bisa Anda jadikan sebagai informasi. Diharapkan setelah membaca informasi ini, Anda lebih rajin menggosok gigi.

Sumber artikel: www.okezone.com

0 komentar

Post a Comment