Sunday, 27 December 2015

Mencuci Vagina Tidak Harus Menggunakan Sabun

Mencuci Vagina Tidak Harus Menggunakan Sabun

Sumber penyakit sebenarnya adalah karena kita tidak berhati-hati dalam menjaga kekebalan tubuh sehingga bakteri atau virus bisa masuk dan menganggu sistem imun kita. Untuk membersihkan diri dari kuman, biasanya seseorang mempergunakan sabun untuk mencuci badan dan tangan agar kuman hilang. Namun bagaimana bila yang dicuci adalah organ intim. Apakah Mencuci Vagina Tidak Harus Menggunakan Sabun?

Menjaga kebersihan area intim tentu penting dilakukan oleh semua wanita. Namun terkadang sebagian dari perempuan terlalu berlebihan dalam melakukannya, semisal dengan menggunakan aneka pembersih mengandung wewangian. Padahal hal ini tidak disarankan oleh ahli kesehatan karena bisa mengiritasi organ intim.

Ob-gyn atau dokter kandungan yang juga co-host program The Doctors, Dr Jennifer Ashton kembali menekankan dalam laman Prevention agar wanita tak perlu menggunakan sabun untuk membersihkan Miss V, Sabtu (26/12/2015).

"Ya, benar. Tinggalkan bagian dalam Anda (tanpa perlu menyabuninya). Bagian tubuh yang tak ditumbuhi bulu tak perlu disabuni. Sabun bisa mengiritasi kulit yang paling sensitif. Sementara, pada bagian yang ditumbuhi rambut, boleh dibasuh dengan sabun lembut dan air. Saya merekomendasikan shampo bayi karena kandungannya sangat ringan, sabun batangan cenderung lebih keras efeknya. Hindari menggunakan pembersih kewanitaan, scrub, loofah, dan segala sesuatu yang memiliki aroma. Anda pun tak memerlukan semprotan air yang bervolume besar dan kencang. Hanya perlu menggunakan busa ringan, bilas di antara lipatan kulit, lalu bilas lembut hingga bersih," jelas Jennifer.

Jadi, cukup lakukan seperti yang disarankan oleh Dr Jennifer untuk menjaga kebersihan Miss V. Anda juga tak perlu melakukan steam Miss V, douching, atau pun memasukkan benda-benda asing yang tak terjamin kebersihannya ke area organ intim.

Sabun adalah pembersih tubuh yang terbuat dari bahan-bahan yang bercampur dengan bahan kimia. Terkadang bahan ini bisa terkontaminasi dengan tubuh kita dan membawa efek samping buruk. Boleh dan diwajibkan Anda membersihkan tubuh yang kotor dengan sabun, namun ada bagian yang tidak boleh terlalu sering terkena sabun, utamanya adalah saat tubuh Anda terdapat luka. Selain itu, informasi tentang Mencuci Vagina Tidak Harus Menggunakan Sabun diatas juga seharusnya tidak Anda abaikan. Sebab ini merupakan peringatan agar Anda bisa terhindar dari dampaknya.

Sumber artikel: www.liputan6.com

1 komentar:

  1. katanya yang bagus itu mencuci pakai daun sirih bos... :)
    bagi yang pumya masalah kesehatan alat kelamin bisa lihat di blog ane.. :)

    ReplyDelete