Sunday, 24 January 2016

Cara Ampuh Mengatasi Segala Macam Phobia

Cara Ampuh Mengatasi Segala Macam Phobia

Sebelum Anda membaca cara ampuh mengatasi segala macam phobia, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu phobia? apa penyebab orang bisa menderita phobia? Dan juga dampak negatif jika phobia tidak segera diatasi?

Apa itu phobia?
Phobia atau Phobia merupakan salah satu gangguan psikologi yang ditandai dengan adanya rasa takut yang berlebih terhadap suatu hal atau pun fenomena tertentu. Dan perlu Anda ketahui orang-orang yang menderita phobia tidak selamanya memiliki ketakutan terhadap objek yang sama. Contoh bagi orang yang phobia tikus ketika melihat boneka itu adalah hal yang biasa saja, tapi bagi orang yang phobia boneka, mereka akan sangat ketakutan dan bahkan jijik ketika melihat boneka tersebut, sebaliknya ketika orang yang phobia boneka melihat tikus dia juga akan biasa saja. Itulah yang menyebabkan rasa takut penderita phobia susah untuk dimengerti.

Apa Penyebab Terjadinya phobia?
Phobia / phobia biasanya disebabkan karena adanya kejadian yang ekstrem seperti terjadinya ledakan bom, terjebak dalam lift, terjatuh dari ketinggian atau hal lain yang dapat membuat seseorang tidak bisa mengontrol rasa takutnya. Nah kemudian kondisi mental akibat rasa takut yang tak terkontrol tersebut akan terkunci dalam pikiran bawah sadar, sehingga suatu saat ketika orang tersebut menjumpai hal yang kurang lebih sama dengan keadaan menakutkan tersebut, maka secara otomatis otak akan memunculkan kembali rasa takut yang dahulu pernah dialami.

Apa Dampak Negatif phobia?
Jika Anda atau saudara Anda mengalami phobia, maka langkah yang paling tepat adalah mencari solusi atau cara untuk mengatasinya, sebab jika phobia dibiarkan begitu saja maka kondisi mental tersebut bisa jadi akan menghambat kehidupan Anda. Salah satu dampak negatifnya yaitu stres karena rasa takut yang tidak bisa dikendalikan, apalagi hal yang membuat Anda phobia adalah hal yang setiap hari Anda jumpai.

Semisal saja Anda phobia lift, padahal Anda bekerja di kantor yang menggunakan lift untuk dapat mengakses ruangan Anda, nah coba bayangkan jika Anda tidak segera mengatasinya, maka setiap hari tenaga dan waktu akan terbuang begitu saja karena Anda harus menaiki anak tangga untuk menuju ruang kerja Anda, bayangkan pula jika ruang kerja Anda berada di lantai 5, bukankah hal tersebut sangat menghambat dan mengganggu hidup Anda.

Lantas Bagaimana Cara Mengatasi Phobia?
Karena phobia sangat mengganggu dan menghambat kehidupan penderita nya, maka berikut ini saya akan memberikan 3 cara ampuh untuk mengatasi phobia dengan mudah.

Hypnotherapy
Cara mengatasi phobia dengan hypnotherapy ini bisa dilakukan sendiri atau dengan meminta bantuan orang lain, proses penyembuhan-nya yaitu dengan cara memberikan sugesti pada pikiran bawah sadar untuk membuang dan menghapus semua rasa takut terhadap objek yang ditakuti.

Desentiasi sistematis
Ini merupakan salah satu metode untuk mengatasi phobia, dengan cara membuat penderita phobia untuk relaks dan menghadirkan kembali kejadian yang sangat menyenangkan, setelah itu secara perlahan didatangkan kejadian atau objek yang ditakuti. Biasanya saat pertama kali melakukan metode ini bisa jadi Anda akan merasa tidak nyaman, namun setelah beberapa kali melakukannya, maka Anda akan mulai terbiasa. Dan phobia Anda secara perlahan akan hilang.

Terapi Musik & Gelombang Otak
Seseorang yang mengalami phobia biasanya keadaan gelombang otaknya akan berubah tidak seimbang, rasa takut akan memicu ketegangan pikiran sehingga membuat gelombang otak Anda pada frekuensi beta. Nah dengan terapi musik dan gelombang otak, maka otak akan di stimulasi agar gelombang otak Anda dapat lebih stabil, dan frekuensi yang tadinya beta akan dirubah menjadi alpha sehingga Anda akan menjadi lebih nyaman.

Nah itulah cara ampuh mengatasi segala macam phobia yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi atau menghilangkan phobia, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda semua. Informasi lebih lengkap tentang bagaimana cara menyembuhkan phobia dengan terapi musik.

0 komentar

Post a Comment