Monday, 25 January 2016

Penjelasan Anatomi Otak Manusia Secara Lengkap

Penjelasan Anatomi Otak Manusia Secara Lengkap

Adalah hal rumit yang akan Anda peroleh jika ditanya tentang anatomi otak manusia. Jika Anda sepakat dengan pernyataan itu, penjelasan anatomi otak manusia secara lengkap ini akan membantu Anda. Tentu kita sepakat bahwa otak merupakan pusat kendali seluruh fungsi organ tubuh manusia. Otak juga bisa dikaitkan sebagai salah satu organ yang paling vital pada tubuh manusia, sebab jika otak Anda dalam keadaan sehat maka tubuh dan mental Anda pun akan terdorong untuk sehat pula. Dan sebaliknya jika otak Anda dalam keadaan kurang sehat maka kesehatan tubuh Anda pun akan terganggu. Untuk itu agar Anda lebih memahami tentang fungsi otak Anda sendiri, disini saya akan membahas tentang Anatomi Otak dan Fungsi Otak Manusia dengan lebih detail.

Anatomi Otak secara garis besar Anatomi Otak manusia dibagi atas empat bagian utama yang sangat mempengaruhi kinerja otak, yaitu:

  1. Otak Besar (Cerebrum)
  2. Otak Kecil (Cerebellum)
  3. Batang Otak (Brainstem)
  4. Sistem Limbik (Lim)

Otak Besar (Cerebrum)
Jika Anda pernah bertanya, dalam anatomi otak bagian otak yang paling besar itu yang mana? Jawabannya adalah Cerebrum atau yang lebih dikenal dengan Otak Besar, sesuai dengan namanya cerebrum / Otak besar memang bagian otak manusia yang paling besar, cerebrum juga bisa disebut dengan otak depan, Cerebral Cortex atau Foreibrain. Cerebrum merupakan bagian otak yang berfungsi untuk menganalisa, mengambil kesimpulan, berfikir, logika, memiliki daya ingat / memori dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu Cerebrum juga sangat mempengaruhi kecerdasan intelektual manusia. Nah perlu Anda ketahui, bahwa Cerebrum masih terbagi lagi menjadi empat bagian utama yang sering disebut dengan Lobus. Empat Lobus tersebut adalah: Lobus Parietal, Lobus Frontal, Lobus Occipital, dan Lobus Temporal. Dari keempat bagian lobus tersebut ada bagian lobus yang menonjol atau sering disebut dengan gyrus dan juga ada yang seperti lekukkan parit atau yang biasa disebut dengan sulcus.

Cerebrum
Lobus Parietal, merupakan bagian dari cerebrum yang terletak di tengah, yang berfungsi memberikan respon jika terjadi sentuhan, tekanan, rasa sakit, ataupun bahagia. Lobus Parietal ini juga merupakan salah satu bagian yang berhubungan dengan sensor perasaan.

Lobus Frontal, Nah bagian ini terletak pada bagian depan cerebrum, Lobus Frontal berkaitan dengan prilaku, kemampuan kognitif dan juga kemampuan motorik tubuh Anda. Tidak hanya itu bagian ini juga merupakan salah satu bagian otak yang mempengaruhi kreatifitas dan kemampuan menyelesaikan masalah ataupun kemampuan dalam mengambil keputusan.
Lobus Occipital, Merupakan bagian cerebrum yang terletak di belakang atau bisa dikatakan paling belakang. Bagian ini sangat berkaitan dengan kemampuan dalam menerima rangsangan visual yang memungkinkan manusia untuk melakukan penafsiran terhadap obyek yang diterima oleh retina mata.

Lobus Temporal, Nah ini merupakan salah satu bagian cerebrum yang terletak di bagian bawah. Bagian ini juga berhubungan dengan kemampuan pendengaran dan juga berkaitan dengan kemampuan memaknai bahasa dan suara. Selain 4 bagian cerebrum tersebut, sebenarnya pada setiap bagian masih ada bagian kecil yang lain dan saling terhubung. Dan tidak hanya dalam anatomi otak cerebrum juga bisa dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian otak kanan dan otak kiri. Dimana secara garis besar otak kanan berkaitan dengan kemampuan artistik dan kreativitas, sedangkan bagian otak kiri berkaitan dengan kemampuan logika dan analisa.

Otak Kecil (Cerebellum)
Otak kecil atau yang sering disebut dengan Cerebellum merupakan salah satu bagian otak yang memiliki fungsi vital, yaitu berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh manusia, tidak hanya itu otak kecil ini juga berfungsi untuk mengontrol setiap gerakan yang dilakukan oleh organ tubuh baik yang dilakukan secara otomatis atau refleks ataupun gerakan yang disengaja. Semua gerakan tersebut secara penuh dikontrol oleh bagian otak kecil atau Cerebellum.

Cerebellum otak kecil ini terletak pada bagian belakang kepala, posisinya berada didekat ujung leher bagian atas. Oleh karena itu Anda harus berhati hati karena jika terjadi benturan atau sedikit cedera saja pada bagian otak ini, maka bisa jadi Anda akan kehilangan keseimbangan tubuh, akibatnya Anda akan susah untuk berdiri apalagi berjalan. Untuk itu Anda harus lebih waspada dan berhati hati agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Sistem Limbik (Limbic System)
Sistem limbik terletak di bagian tengah otak manusia. Sistem limbik merupakan bagian otak yang berfungsi untuk memproduksi hormon, menghasilkan perasaan, menghasilkan dorongan seksual, menimbulkan rasa lapar, mempengaruhi sistem metabolisme tubuh, dll.
sistem limbikDalam sistem limbik ada bagian yang bernama Hipotalamus, bagian inilah yang berfungsi untuk membentuk rasa cinta dan juga memberikan penilaian serta memutuskan sesuatu hal yang menjadi prioritas. Semisal penilaian terhadap kepentingan pribadi dengan kepentingan keluarga, nah bagian ini yang berfungsi untuk memberikan penilaian dan analisa sehingga Anda akan dapat memutuskan mana yang akan Anda jadikan sebagai prioritas.

Cara meningkatkan kinerja otak menurut Carl Gustav Jung, sistem limbik bisa disebut sebagai alam bawah sadar manusia, karena sistem limbik juga sering disebut sebagai pusat rasa cinta dan pusat kejujuran, yang seringkali diwujudkan dengan timbulnya perasaan simpati ataupun memicu tindakan yang dilakukan berlandaskan ketulusan tanpa paksaan dari manapun.

Batang Otak (Brainstem)
Batang Otak atau Brainstem merupakan bagian otak yang terletak di dalam tulang tengkorak atau pada bagian rongga kepala yang paling dasar dan memanjang sampai ke sumsum tulang belakang. Bagian otak ini berfungsi untuk mempengaruhi denyut nadi dan detak jantung, pernapasan, mengatur suhu badan, dan juga sebagai sistem penerima sinyal atau semacam sensor atau insting terhadap apapun yang mengancam jiwa manusia. Respon yang dihasilkan biasanya merinding dan ingin berlari atau bahkan melawan saat bahaya datang menghampiri Anda.

Itulah bagian dari penjelasan anatomi otak manusia secara lengkap, semoga artikel dan informasi yang saya bagikan dapat memberikan manfaat untuk Anda, Amin.

0 komentar

Post a Comment